Jumat, 05 Juli 2013

Struktur Organisasi Data



Pada semester 4 ini . saya mendapat matakuliah Struktur Organisasi Data (SOD) dgn dosen Detty Purnamasari . awal masuk kelas memang sedikit tegang karena metode pembelajarannya hafalan dan tes lisan satu persatu maju ke depan . tapi pada akhirnya justru metode ini mengasyikan . karena metode ini tidak memberatkan di akhir/ 70% mengandalkan UTS , tapi kita sudah punya tabungan nilai pada setiap pertemuannya . dan menurut saya tes lisan di setiap pertemuannya itu mebuat kita benar2 membaca dan memahami materi dibanding dengan materi setiap minggunya yang dijelaskan oleh dosen namun belum tentu kita memahaminya . semester 4 ini saya belajar  5 BAB
BAB yang pertama adalah tentang STRUKTUR DATA . dalam bab ini kita mempelajari tentang struktur data dlm komputer . definisi struktur data adalah cara menyimpan atau mempresentasikan data di komputer agar bisa digunakan secara efisien .
Secara umum data dapat dikategoriksan atas :
1.       Tipe data sederhana tunggal : integer , real , bolean, karakter
2.       Tipe data sederhana majemuk : string
Integer adalah tipe data yug digunakan untuk bilangan bulat
Real adalah tipe data yg digunakan untuk bilangan desimal
Boolean adalah tipe data yang mempunyai nilai True/False
Karakter  elemen dari suatu himpunan yg terdiri atas bilangan , abjad dan simbol khusus
String kumpulan dari karakter

BAB ke 2 yang saya pelajari adalah ARRAY , array adalah suatu himpunan hingga elemen terurut dan Homogen .  Array terdiri dari Array dimensi satu , dimensi dua , dimensi tiga .
Materi selanjutnya yang saya pelajari adalah Stack ( Tumpukan ) cara kerja stack sama seperti dalam tumpukan buku misalnya , yaitu LIFO = Last In First Out ( elemen  yang terakhir masuk yang pertama keluar) .
Elemen puncak pada stack disebut Noel
                Materi ke 4 yaitu Queue (Antrean) . cara kerja queue adalah kebalikan dari stack . yaitu FIFO = first in first out . ( elemen yang pertama masuk , pertama keluar)  . queue memiliki 4 operasi dasar yaitu create, isempty, insert dan remove .
                Dan materi terakhir yang saya pelajari adalah GRAPH .  Graoh adalah himpunan vertex yang elemennya berisi simpul atau nodes. Dan edge yang merupakan pasangan tak urut dari simpul yg anggotanya ruas atau rusuk . Banyaknya simpul dalam suatu graf disebut Order , dan banyaknya ruas disebut size . Kemarin , saya baru saja membuat Manual book tentang bagaimana caranya membuat Graph dengan program yEd graph editor . 

Materinya , bisa anda download 
  DISINI

source : Modul Struktur Organisasi Data.
http://detty.staff.gunadarma.ac.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar