Selasa, 03 April 2012

sorrows


Menurut saya , penderitaan itu sesuatu cobaan dari Allah  yang tidak kita kehendaki untuk dialami , namun penderitaan  itu sangat perlu kita alami karena penderitaan membuat kita kuat , lebih mantap menghadapi masalah dan lebih bisa berfikir dewasa . penderitaan juga membuat kita lebih dekat dengan Allah .  kita harus sabar dan kuat dalam menghadapi cobaan Allah agar menjadi pahala untuk kita
Sebagai contoh adalah kisah nabi ayyub yang terkenal dengan kesabarannya. Penderitaan  begitu berat diberikan Allah untuknya . namun beliau tetap sabar dan kuat seperti firman ALLAH dalam surat an nabiyya  “ dan ingatlah kisah ayyub ketika ia menyeru tuhannya  ya tuhan ku sesungguhnya aku telah diberikan penyakit dan engkau adalh tuhan penyayang diantara semua penyayang , maka kami pun memperkenankan seruannya itu  lalu kami lenyapkan penyakit yang ada padanya kami kembalikan keluarganya padanya dan kami lipat gandakan bilangannya sebagai suatu rahmat dari sisi kami untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah allah
Al-Qur'an al-Karim tidak menyebutkan bentuk dari penyakitnya, dan banyak cerita-cerita dongeng yang mengemukakan tentang penyakitnya. Dikatakan bahwa beliau terkena penyakit kulit yang dahsyat sehingga manusia-manusia enggan untuk mendekatinya. kemudian Ayub terkena suatu luka yang sangat mengerikan dari ujung kakinya sampai kepalanya
Kita telah memahami bahwa Nabi Ayub adalah hamba yang saleh dari hamba-hamba Allah SWT. Allah SWT menginginkan untuk mengujinya dalam hartanya, keluarganya, dan badannya. Hartanya hilang sehingga ia menjadi orang fakir setelah sebelumnya ia termasuk orang yang paling kaya. Kemudian ia ditinggalkan oleh istrinya dan keluarganya sehingga ia merasakan arti kesunyian dan kesendirian lalu ia ditimpa penyakit dalam tubuhnya dan ia merasa menderita karenanya, tetapi beliau tetap sabar menghadapi semua itu dan tetap bersyukur kepada Allah SWT.
Sakit yang dideritanya cukup lama sehingga beliau menghabiskan waktu-waktu dan hari-harinya dalam keadaan sendirian bersama penyakitnya, rasa sedihnya, dan kesendiriannya. Demikianlah Nabi Ayub merasakan segi tiga penderitaan. Segi tiga penderitaan dalam hidupnya, yaitu sakit, kesedihan, dan kesendirian.
Beberapa kali syetan mengganggu pikirannya , menggodanya untuk keluar dari jalan Allah , tapi ia tetap berada pada jalan Allah . dia tetap patuh terhadap segala perintah Allah.  berkat kesabarannya dan keteguhan hatinya  , akhirnya Allah mendapatkan kembali kesehatannya  dan mengembalikan Istrinya .
Selalu ada hikmah dari setiap penderitaan atau cobaan yang kita alami , jadi sebaiknya kita jangan berburuk sangka terhadap cobaan yang Allah berikan . karena  cobaan dari Allah itu pertanda bahwa Allah sayang kpd kita , penderitaan dari allah buakn semata mata Allah membenci kita  tapi Allah justru mengajarkan kita bagaimana berpikir jernih , berpikir lebih bijaksana dan bagaimana agar umatNya dekat dengan Allah.
Allah telah berjanji kepada kita bahwa dia tidak akan memberikan  penderitaan diluar batas kemampuan kita , jadi sebenarnya tidak ada kata kata “ saya sudah tidak kuat menjalani hidup ini “ . nah , orang  yang berkata seperti itu tandanya ia tidak percaya akan hikmah dari Allah dan tidak percaya terhadap Kasih sayang  Allah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar