Kamis, 26 April 2012


Manusia dan keindahan

Keindahan menurut kamus besar bahasa indonesia yaitu  keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Namun keindahan itu menurut saya sesuatu yang membuat  mata dan pikiran segar dan tenang . tidak banyak berbeda. Pada intinya sama . Keindahan itu mencangkup banyak hal seperti keindahan pada seni , pada alam , keindahan intelektual. Keindahan tersusun atas keselarasan.
Thomas aquiono (1224-1274) mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyegarkan bilamana dilihat misalnya suatu pemandangan yang indah , itu akan menyegarkan mata dan pikiran . seperti hal nya pemandangan yang indah . dapat menyegarkan mata, hati dan pikiran . semuanya juga menjadi lebih rileks. Ternyata melihat pemandangan hijau yang indah pu merupakan suatu terapi mata agar mata kita tidak mudah lelah .  
        Keindahan pada seseorang , biasanya wanita yang cantik seringkali disebut memiliki paras atau wajah yang indah . karena memang , wanita itu memiliki keindahannya sendiri . entah dilihat dari segi apa . wanita memang telihat indah .
        Keindahan pada suatu seni karya . misalnya pada suatu lukisan yang menyegarkan mata . dan dibuat takjub oleh keindahannya . sama seperti keindahan alunan lagu yang membuat hati dan pikiran tenang . keindahan mencangkup berbagai hal . keindahan menurut saya suatu keselarasan yang mnyegarkan hati dan pikiran .
“ a thing of beauty is a joy forever ,
 Its loveliness increases, it will never pass into nothingness”
Sesuatu yang indah itu bisa dinikmati selamanya , kecantikannya bertambah , tidak akan menjadi tidak berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar