Kamis, 10 Mei 2012

POINT OF LIFE

Manusia diciptakan sebagai makhluk tuhan yang paling sempurna. Berbeda dengan makhluk hidup yang tuhan ciptakan lainnya seperti binatang dan tumbuhan . karena manusia diciptakan dengan akal , pikiran untuk menentukan hidup dan pandangan hidupnya masing – masing. 

Pandangan hidup yaitu pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan , pedoman , arahan hidup petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya . itulah arti pandangan hidup yang saya dapatkan dari narasumber. 
Namun , Menurut saya pandangan hidup adalah  orientasi dasar dalam bertindak untuk hidup yang kita jalani kedepannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu . tentunya pandangan hidup setiap individu berbeda – beda biasanya pandangan hidup itu ber unsur cita – cita keyakinan kepercayaan dan agama . pandangan hidup biasanya akan menentukan jadi apa kita kelak . pandangan hidup bisa juga sebagai tolak ukur yang di jadikan patokan untuk usaha masa depan kita . manusia . 


Manusia itu perlu memiliki pandangan hidup perlu memiliki cita – cita  karena itu adalah langkah awal mencapai masa depan . dengan memiliki pandangan hidup kita mempunyai arahan kemana harus kita berjalan melangkah menuju impian kita.  saya punya satu cerita tentang kehidupan teman saya , dia tidak terlahir sebagai orang kaya . ayah nya lumpuh . sehingga sang ayah tidak bisa mencari nafkah untuk anak – anaknya , sedangkan dalam keluarga itu memiliki 5 orang anak . bahkan masih ada anak yang baru berusia 1 tahun , oleh sebab itu tidak mungkin ibunya yang mencari nafkah . keluarga itu lumpuh total dalam perekonomiannya . ia hanya di bantu oleh adik sang ibu yang nasibnya pun tidak jauh berbeda . ketika si anak sulung sahabat saya itu mulai beranjak sma . ia kebingungan . ia ingin meneruskan sekolah nya ke SMA. Namun lagi lagi biaya jadi penghalang . ia juga ingin sekali menyekolahkan adiknya ke smp . beruntung sahabat saya itu masuk di SMA favorit dan dapat beasiswa karena prestasi nya. Demi membiayai ke 4 adiknya dan ke 2 orangtuanya , ia menjual kue cokelat . ia menjadi tulang punggung keluarga . saya sering sekali melihat sorot mata lelah . namun ia tidak pernah putus asa . karena dia memiliki prinsip hidup


“ Untuk mencapai suatu tujuan , kita tidak mungkin hanya diam . banyak proses yang harus d lewati “ meskipun pada saat itu kondisi keluarga sudah sangat tidak memungkin kan untuk dia kuliah , tapi dia punya mimpi yang kuat untuk bisa kuliah . ia ingin mengubah nasib keluarganya , ia ingin mengangkat keluarganya , ia ingin semua adik adik nya bersekolah sampai tuntas bahkan sampai perguruan tinggi . pada saat itu pula  Allah memberikan rezeki dengan meberikan dia beasiswa bidikmisi untuk masuk kuliah . akhirnya ia kuliah di Institut negeri ternama di Bandung. 
Dari cerita hidup teman saya tersebut saya mendapat banyak sekali pelajaran . untuk jangan pernah berputus asa untuk selalu berusaha meraih mimpi . untuk memiliki pandangan hidup yang jelas sebagai suatu arahan, penyemangat, keyakinan demi masa depan . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar